Tersiksanya menjadi pengidap Misophonia

0
382

Saya Indra Batara, saya mengaku mengidap misophonia. Apa itu misophonia? Misophonia adalah kelainan seseorang terhadap suara tertentu. Simpelnya adalah suka marah, cemah, gelisah ketika mendengar suara tertentu. Dan anehnya, jika suara yang dihasilkan dari orang misophonia sendiri, ga akan marah dan biasa saja… aneh kan?

Berawal dari saya ketika kecil, sekecil jentik hehe… maksud saya waktu usia saya masih sangat muda, saya sangat dipaksa untuk tidak berisik, tidak nakal, padahal mungkin untuk usia 3 4 5 tahunan itu anak kecil lagi nakal-nakalnya. Ketika saya berisik, selalu ada perlakuan fisik dimulai dari bentakan sampai pukulan. Lalu beranjak dewasa, saya jadi ga suka dengerin anak kecil teriak-teriak, jerit-jerit dan membuat saya emosi…. sangat emosi… sampai saya pernah bentak anak kecil yang berisik depan rumah, sampai berantem juga dengan orang tuanya. Saya kira ini hal wajar dan belum nyangka saya misophonia, tapi semakin kesini saya mulai jd aneh. Jadi ceritanya gini, tetangga saya pasang wifi dan wifinya itu disewakan ke anak2 yang suka maen game seperti FF, game bocil burik walaupun saya juga suka mainin game itu kalau sama keponakan saya di sumedang. Nah pada saat itu anak2 yang maen game di depan rumah sangat berisik, serontak saya emosi dan mengusir anak2 tersebut, besoknya anak2 ada lagi, tapi dengan volume yang ga seberisik kemaren, tapi tetep saya merasa emosi dan saya usir lagi.Besoknya lagi anak2nya ada lagi sampai volume nya bener2 kecil, tapi karena dirumah saya sepi, jadi suara dari luar anak2 yang ngobrol walaupun bisik2 kedengeran ditelinga saya, dan volume tembak2annya dikecilin, tapi masih terdengar di telinga saya… saya sangat emosi, cemas dan gelisah. Tapi anehnya, ketika teman saya yang maen game depan rumah, walau suaranya keras saya ga ada perasaan emosi. Saya hanya emosi terhadap orang-orang yang tidak saya kenal. Suaranya seolah orang tersebut sengaja membuat saya terganggu. Lalu apa yang saya lakukan? saya coba berbagai cara, sampai dengerin musik dirumah, tapi tetep suara dari luar terdengar walau kecil, tapi sangat mengganggu.

Dan sekarang pun saya masih merasakan misophonia dan sangat tersiksa dengan kelainan ini… semoga nanti semakin terbiasa dengan hal-hal sepele seperti ini. Bagi teman-teman yang mengidap misophonia juga jangan khawatir, kalian ga sendirian…